Update Kondisi FL

Blog yang saya buat ini sebenarnya bukan blog pertama, sebelumnya ada blog yang pernah saya buat di blogger tapi saya lupa passwordnya. Alhasil nggak bisa saya buka lagi untuk tambah ataupun edit konten blog yang sudah ada. Salah satu hal yang pernah saya tuliskan disitu adalah tentan catatan tentang kondisi kendaraan yang saya pakai. Sebuah mobil tua lansiran tahun 1997 dengan merk Ford Laser, bekapasitas 1300 cc dan masih menggunakan karburator sebagai jantung pemompa bahan bakar ke ruang bakar.

Sebagai bahan review sekaligus catatan tentang mobil itu akan saya uraikan satu-persatu sesuai dengan yang masih saya ingat sampai sekarang. Oh iya, sebagai tambahan proses pengerjaan perbaikan saat terjadi masalah lebih sering saya selesaikan sendiri tanpa bantuan bengkel. Bukan berarti saya tidak pernah ke bengkel, tapi setidaknya meminimalkan cost perawatan adalah pilihan yang terbaik. Sekaligus belajar sendiri untuk diagnosa masalah dan itung-itung cari keringat sebagai olahraga.

Sampai dengan tulisan ini saya buat, berikut adalah list perbaikan yang pernah saya kerjakan (melalui bengkel maupun DIY):

  1. Penggantian velg dari kaleng ke model racing, sekalian dengan ban juga (bengkel);
  2. Penggantian seal power steering dan penggantian racksteer (bengkel);
  3. Perbaikan jalur kelistrikan, khususnya membuat fan radiator kembali bekerja otomatis saat mesin panas (DIY);
  4. Pendempulan dan pengecatan bagian bodi yang catnya terkelupas (DIY)
  5. Penggantian synchromes dan hap slip sistem transmisi (bengkel);
  6. Penggantian bearing repair kit lengkap (DIY);
  7. Penggantian dan tunning karburator kit (DIY);
  8. Penyetelan titik pengapian untuk menghasilkan mesin yang langsam (DIY);
  9. Penggantian koil, filter bahan bakar dan selang2 bahan bakar (DIY);
  10. Penggantian tierod dan long tierod (DIY);
  11. Spooring (DIY);
  12. Penggantian bushing perseneling (DIY);
  13. Penggantian laci dashboard (DIY);
  14. Penggantian pompa power steering (DIY);
  15. Penggantian shock dan support shock belakang (bengkel);
  16. Perbaikan bak karter oli yang bocor (DIY);
  17. Perbaikan mesin yang tidak bisa langsam (DIY);
  18. Tune Up rutin dan penggantian oli beserta filter oli

Sebenernya masih banyak yang lainnya, tapi saya nggak bisa mengingat semua. Setidaknya beberapa catatan itu bisa mewakili apa saja yang sudah pernah saya lakukan terhadap kendaraan tersebut.

Leave a Reply

