Paking Karter Rembes

image

Pagi ini abis ritual bersih-bersih, saya coba keluarkan mobil dari garasinya untuk persiapan kalo mau pergi di hari minggu. Pas mobil udah mulai bergeser keluar, keliatan lantai seperti ada sisa-sisa tetesan oli. Karena penasaran maka saya cek untuk memastikan apakah memang tetesan oli atau hanya tetesan air AC dari mobil.

Ternyata benar, yang menetes adalah oli dan sumbernya adalah dari bak oli mesin. Keliatan jelas kalo bak oli mesin mobil sudah mulai basah dari rembesan oli yang keluar dari sela-selanya. Padahal baru bulan januari lalu saya ganti paking karternya sama yang baru, tapi hanya bertahan sekitar 4 bulan sudah kembali rembes dan bocor.

Ini artinya saya harus kembali ngolong dan memperbaiki semuanya. Sayangnya belum ada waktu yang pas buat mengerjakan itu semua. Karena walaupun keliatannya sepele, tapi pengerjaan ini memakan waktu lama. Karena untuk menurunkan karter oli harus melepas dek mesin, melepas header knalpot dan membuka baut karter satu persatu. Belum proses pembersihannya.

Kalo kemarin saya pake lem gasketnya pake treebond, mungkin untuk perbaikan nanti saya bakal pake lem gasket punya Toyota. Konon katanya ini barang lebih bagus dan lebih tahan panas, tapi juga ditebus dengan harga yang lebih mahal. Preparation complete, selanjutnya tinggal beli part dan operasi perbaikan (entah kapan) dimulai. Sepertinya sekalian sama ganti oli mesin dan filter oli juga nih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s