Etika Dunia Maya

Hand holding a Social Media 3d Sphere sign on white background.

Ilustrasi Sosial Media

Pernah berkeluh kesah di sosial media? Entah dalam bentuk apapun itu, sosial media terkadang hanya sebagai ‘keranjang sampah’ yang digunakan pemiliknya untuk meluapkan emosi. Benarkah demikian? Lalu pernahkan kita semua meluapkan emosi tentang apa yang seharusnya di rahasiakan di sosial media juga?Terkadang kita tanpa sadar sering meluapkan emosi kita melalui media sosial (medsos). Tak peduli apakah itu suatu kebahagiaan, kemarahan atau bentuk ketidak sukaan terhadap sesuatu atau seseorang. Tak jarang pula medsos ibarat dinding sebuah kliping dari berita-berita up to date yang ingin dibagikan seseorang melalui akun pribadinya.

Sebenarnya itu adalah hal yang wajar, karena setiap warga negara memunyai hak untuk berpendapat dan bersuara. Tapi apakah harus dengan sebebas itu? Apakah dengan membagikan berita yang dari sumber yang tidak jelas kredibilitasnya? Apakah juga dengan mengumbar rahasia terkait pekerjaan?

Lebih bijaklah dalam bersikap di dunia maya. Karena informasi yang dituliskan melalui sosmed akan terbawa arus dan cepat mengalir kemanapun di seluruh planet bumi ini. Tidak ada salahnya kita meneliti kebenaran sebuah informasi sebelum membagikannya di sosmed. Selain itu mencerna setiap masalah yang muncul juga penting, agar tidak terlalu mudah kita meluapkannya melalui akun sosmed yang dimiliki. Masa sih, masalah pribadi mau diumbar-umbar jadi konsumsi publik?

Apalagi bila kita membagikan informasi yang seharusnya adalah sebuah rahasia terkait dengan pekerjaan. Tapi inilah fakta dan kenyataannya. Kadang tidak sadar seringkali hal ini menghiasi lini masa akun sosmed yang kita miliki. Entah karena emosi sesaat, kegembiaraan sesaat atau memang bakat ingin eksis di dunia maya yang melatar belakangi semuanya.

Kita seharusnya lebih cermat dalam memilah informasi mana yang layak dan bermanfaat jika dibagikan, dengan informasi yang sebaliknya. So, lebih bijaklah dalam berinteraksi dan bersikap di sosial media.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s