Apakah Saya Kekeringan Ide?

Sejak saya tinggal liburan hari raya kemarin, isi blog ini baru terisi 2 tulisan. 2 minggu berhenti dari aktifitas kantor ikut melumpuhkan blog ini. Padahal sebelum memulai liburan saya berencana untuk menulis setiap kejadian apapun selama berlibur, misal saat saya kuliner atau mengunjungi suatu tempat. Tapi yang terjadi justru saya menjadi vakum mengisi blog. Apa sebenarnya yg terjadi? Apakah saya kekeringan ide? Atau kreatifitas saya menurun?

Untuk menulis tentunya membutuhkan ide dan gagasan. Ide tersebut bisa datang dari mana saja, baik current issue yang bersumber dari informasi dan berita yang bisa kita temui dimana saja. Atau mengenai pengalaman saat berlibur untuk menikmati pemandangan alam atau mencicipi kuliner khas negeri ini. Semua bisa dijadikan bahan baku untuk menulis blog, karena tiap ide itu ada di sekitar kita. Setiap ide itu bisa dengan mudah kita dapatkan dari manapun juga.

Lalu mengapa sulit untuk menulis? Setelah membaca tulisan Abang Edwin SA yang beliau tuliskan disini, saya mulai berpikir bahwa saya sudah harus berhenti menulis di blog secara rutin. Kenapa? Karena berdasarkan tulisan Abang Edwin tersebut disebutkan bahwa apabila kita memaksakan tulisan kita untuk diposting di blog, itu adalah gejala awal kita harus mulai mengurangi intensitas dan berhenti menulis di blog. Tapi percuma saya membuat  blog, melakukan promosi dengan menyebar link ke banyak tempat dan berangan-angan jika suatu saat beberapa bagian blog ini bisa diabadikan dalam bentuk  buku kalau akhirnya saya harus menyerah juga.

Tidak, saya tidak menyerah dan saya tidak boleh menyerah. Beberapa solusi sekaligus strategi juga saya dapatkan melalui blog Abang Edwin tersebut yaitu dengan mencatatanya dan menuliskannya dalam konsep tulisan. Tujuannya supaya ketika semangat menulis itu kembali muncul, saya sudah punya bahan untuk menulis tentang apa karena telah ada konsep yang saya simpan. Selanjutnya tinggal bagaimana saya melenyapkan rasa malas, karena rasa malas itulah sebenarnya yang menjadi penghalang produktivitas kita.

Leave a Reply

