Faktanya Tidak Semudah Itu

Sesuatu yang gampang dan menggampangkan sesuatu itu adalah dua kondisi yang berbeda. Yang pertama berarti memang suatu hal yang mudah, yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus memiliki keahlian khusus. Sedangkan yang kedua berarti hal yang sebenarnya membutuhkan skill tapi dianggap biasa saja, seolah tanpa skill pun semua orang bisa melakukan itu.Inilah yang sedang saya alami untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah cukup membuat pusing tujuh keliling. Data itu adalah data yang jumlahnya banyak, terdiri dari beberapa tabel dan harus disandingkan dengan tabel lainnya yang tersendiri. Permasalahannya adalah di dalam data itu sulit untuk menentukan 1 row atau coloumn yang bisa saya jadikan key atau refference value agar beberapa tabel tersebut bisa saling terhubung.

Mungkin karena pemahaman saya dalam menggunakan Microsoft Excel dalam melakukan pengolahan data masih sangat rendah sehingga sulit bagi saya untuk bisa mengolah data tersebut menjadi seperti yang saya inginkan.

Jika kenyataannya seperti ini, masihkah ada orang yang selalu menggampangkan sesuatu? Beda orang beda skill, Bos….

Leave a Reply

