Electronic Form (eFORM)

Ritual tahunan bagi semua Wajib Pajak Orang Pribadi sudah dimulai, bahkan sudah mendekati batas waktu terakhir alias injury time. Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi baik karyawan maupun non karyawan batas waktunya akan berakhir pada 31 Maret 2017 ini. Sedangkan untuk Wajib Pajak Badan masih tersisa waktu hingga 30 April 2017 mendatang. Bagi yang sudah melaporkan SPT Tahunan tentunya layak diberikan apresiasi karena sudah menjalankan salah satu kewajiban sebagai Wajib Pajak sekaligus sebagai Warga Negara. Bagi yang belum jangan berkecil hati, waktu masih tersisa sekitar 11 hari kedepan dan sudah ada fitur baru yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak. Fitur apakah itu? Silahkan dilanjutkan membaca artikel ini.SPT Tahunan atau Surat Pemberitahuan Tahunan adalah sebuah laporan perpajakan yang digunakan oleh Wajib Pajak untuk mempertanggung jawabkan penghasilan yang diterima/diperoleh serta jumlah pajak yang dipotong/dipungut atau disetorkan. Dalam laporan tersebut juga diminta untuk mengisikan harta, kewajiban dan jumlah tanggungan sebagai penyeimbang dan alat kroscek untuk memastikan kebenaran data penghasilan yang dilaporkannya.

Cara pelaporannya pun bisa dilakukan secara manual ataupun secara elektronik. Pada tahun 2016 lalu pelaporan SPT dilakukan dengan media formulir, efiling dan espt. Dan untuk tahun ini, Direktorat Jenderal Pajak sudah mengaplikasikan eForm untuk sarana pelaporan berbasis web namun dapat diakses secara offline.

Apa sih eForm itu? Tidak jauh berbeda dengan efiling sebenarnya, hanya saja pada eForm proses pengisian tidak harus secara online seperti layaknya efiling. Untuk itu eForm memerlukan aplikasi viewer yang disediakan pada situs djponline. Viewer itu selain berfungsi untuk melihat formulir pajak offline, juga berfungsi sebagai media yang mengirimkan kembali laporan tersebut ke server djponline.

Tujuan penggunaan eForm ini sebenarnya untuk memudahkan pengisian SPT secara online. Sebagaimana kita tahu bahwa situs djponline yang digunakan untuk melaporkan SPT dan membuat kode biling sering mengalami gangguan apabila traffic lalu lintas data terlalu tinggi, maka dari itu eForm bertujuan untuk memudahkan dan solusi dari permasalahan jaringan tersebut.

Untuk artikel mengenai eForm dapat dibaca disini, sengaja saya alihkan ke situs tersebut karena saya belum sempat merangkum dan menjelaskan secara ringkas di blog saya ini. Dengan semua fasilitas yang diberikan dan juga jam kerja pelayanan terkait pelaporan SPT Tahunan juga sudah ditambah, diharapkan semua Wajib Pajak dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan tepat waktu.

Advertisements

One thought on “Electronic Form (eFORM)

  1. Pingback: Apa Kabar WordPress? | Sigit Purwanto Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s